Kamis, 26 Oktober 2023

Mendidik Dengan Hati




 
Perjuangan seorang ibu belum selesai bila ia tidak mengajarkan anaknya bersikap lemah lembut, menghormati orangtua, dan  berbakti kepada orangtua. Anak harus dipahamkan bagaimana kelak ia bersikap kepada kedua orangtuanya. Bersikap sesuai dengan yang diajarkan dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Anak harus mengerti keutamaan berprilaku hormat kepada orangtua. Bagaimana ia  berprilaku hormat (berbakti) kepada orang tuanya, diantaranya : Amal yang paling utama dan sangat di cintai oleh Allah adalah berbakti kepada orang tua, sholat tepat pada waktunya dan berjihad di jalan agama Allah SWT. Untuk  meraih itu 
semua orangtua harus bisa mendidik dengan hati, penuh kasih sayang dan lemah lembut.
Hal tersebut di atas sesuai dengan hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, bahwa pada suatu ketika salah seorang sahabat Nabi bernama Abdullah bin Mas’ud mengajukan pertanyaan kepada Nabi Muhammad SAW;

”Wahai Rasulullah, amal perbuatan apakah yang paling utama di cintai Allah ? Beliau menjawab: ”Shalat tepat pada waktunya. Abdillah bertanya lagi, Kemudian apa lagi, ya Rasulullah ?” Rasulullah menjawab, Berbakti kepada orang tua”. Abdillah bertanya lagi; “Selanjutnya apa, wahai Rasulullah? Dan Beliau menjawab:”Berjihad di jalan Allah”.
 
Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Nabi SAW bersabda : “Bertakwalah kepada Allah, dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat, berhajilah ke baitulah dan berumrah, berbaktilah kepada kedua orang tua, muliakanlah tamu, tegakkanlah amal ma`ruf dan cegahlah kemunkaran Dalam riwayat lain Nabi SAW bersabda : Janganlah engkau menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun dan berbaktilah kepada orang tuamu, janganlah kamu bersuara keras dihadapannya”.

Jangan lupa anak juga harus tahu keutamaan berbakti kepada orang tua, Ini sebagai modal kesuksesannya di dunia dan di akhirat diantaranya;

·       Berbakti dan berlaku hormat kepada orang tua dapat melebur dosa-dosa besar, hal ini sesuai dengan kisah Ibnu Abbas yang diceritakan kepada Atha’ bin Yasar.
·         Berbakti dan hormat kepada orang tua dapat memberikan keberkahan hidup. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Anas bin Malik RA : ”Barang siapa yang berbakti kepada orang tuanya, maka ia akan memperoleh kebahagian, panjang umur dan senantiasa mendapat berkah dari Allah SWT”.

·         Berbakti dan hormat kepada orang tua menyebabkan mendapat telaganya Nabi Muhammad SAW di syurga. Hal ini sesuai dengan hadits riwayat Imam Hakim dari Abu Hurairah. “.....berbaktilah kepada orang tuamu, tentu kelak anak-anakmu akan berbakti kepadamu.........apabila kamu melaksanakan hal itu, niscaya ia akan mendatangi telagaku (Nabi) di syurga”
·         Berbakti dan hormat kepada orang tua menyebabkan seseorang mendapat kedudukan dan derajat yang tinggi di syurga. Hal ini diriwayatkan oleh Imam Nasa’i dari Aisyah RA.


·         Berbakti dan hormat kepada orang tua akan menyebabkan masuk syurga.
Hasil yang akan diterima oleh anak bila hormat dan berbakti pada orangtua ia akan memperoleh keberkahan hidup, kebahagiaan lahir batin dan menjadi orang yang beruntung. Hidupnya  sangatlah tergantung bagaimana ia berprilaku terhadap orangtuanya. Semakin tinggi rasa hormat, bakti dan taat maka keberkahan hidup semakin luas menyertainya.



16 komentar:

  1. Makasih sudah mengingatkan saya Uti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Ety sama sama. Kalau Uti sdh ngga punya Ortu jadi birrulwalidainnya bersilahturahim kepada kerabat Ortu dan melanjutkan kebiasaan baik beliau ketika hidup dulu.

      Hapus
  2. Ya bener ini tulisannya menjadi peringatan, sebagai anak dan calon ibu (insya Allah) harus bisa menghormati orang tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Mirna makasih sudah singgah. Kadang masih banyak anak yang ngga berbakti sama orangtua.

      Hapus
  3. Kalau tentang orang tua,duh jd baper tingkat dewa uti. Smg aq jd anak yg berbakti,begitu jg anaku kelak .aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin YRA. Ya bila kita mendidik dengan hati insyaallah hidup kita akan mulia ,mba iffah

      Hapus
  4. Mantap Uti... Mengingatan saya agar lebih berbakti dan menghormati orang tua saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Pandu.. uti ngerti banget kalau mas Pandu sayang dan hormat sama Ortu selagi beliau masih hidup. Itu ladang ibadah kita untuk mengumpulkan pahala buat modal pulang je kampung akherat.

      Hapus
  5. Hikz,.jadi inget Bapak (alm) semoga Allah mengampuni dosa2 Bapak dan dterima amal kebaikan Bapak..aamiin
    Smoga Allah menjaga dn melindung Ibu dan Bapak Ibu Mertua dan mrka husnul Khotimah..aamiin.

    Sehat sll uti...terimakasih wejangannya uti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin YRA
      Tercurah doa yang sama untuk mba Rika sekeluarga

      Hapus
  6. wajib dibaca nih...sangat menyentuh kalbu,semoga kita termasuk golongan orang yang Birrul Walidain, Aamiin

    BalasHapus
  7. Gak terawat saja bagus, apalagi dirawat bun

    BalasHapus